Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Search Engine Terbaik dan Terpopuler

Search engine atau mesin pencari merupakan sebuah mesin yang dipakai untuk mencari sebuah informasi berdasarkan frasa atau kata tertentu.

Search engine merupakan teknologi yang tak akan lekang oleh waktu. Kini telah banyak sekali ragam variasi search engine. Kecepatan pencarian search engine tentu akan terus meningkat.



Fungsi mesin pencari sungguh penting saat ini. Selain dipakai untuk menemukan informasi yang ideal, juga dipakai sebagai media untuk menyimpan database file dan data-data lain.

Oleh karena itu developer search engine, misalnya google, akan terus meningkatkan kekuatan hardware, yang menjadi induk server dari mesin pencarian mutakhir ini. Dan tiap tahun, database tentu saja akan berkembang cepat dan akan memakan banyak hardware server.

Ada banyak mesin pencari selain google di dunia ini. Lalu mana yang terbaik..

1. Google

Siapa yang tidak kenal google. Google.com adalah sebuah search engine yang paling besar. Google.com sendiri merupakan search engine, yang tentunya paling banyak digunakan oleh banyak user yang berada di semua dunia.

Google merupakan king of search engine yang menawarkan layanan pencarian simpel dan paling banyak dipakai di dunia. Mulai dari akses web yang kencang, informasi yang disiapkan banyak, katalog yang user friendly serta hasil pencarian yang relevan.

Sampai sekarang, Google search diakses oleh 3,5 miliar orang tiap harinya. Presentase ini terus meningkat seiring dengan bertambahnya pengguna internet global.

Dan, tidak dapat kalian pungkiri kalau di Ponsel/Hp android kalian pasti terinstall Chrome yang secara default memakai Google sebagai search engine-nya, yang mana android juga milik google.

2. DuckDuckGo

Sekilas Duckduckgo nampak seperti Google. Tetapi ada banyak perbedaan dari mesin pencari yang satu ini.

Mesin pencari ini menawarkan beragam fitur apik, seperti informasi tanpa klik dimana seluruh jawaban yang diharapkan pengguna tersedia di hasil pencarian utama. Duckduckgo juga menawarkan permintaan disambiguasi yang menolong untuk mengklarifikasi frasa yang dipakai untuk mencari keyword/informasi.

Plus, iklan yang ditampilkan tidak menuru keyword/informasi pribadi. Yang paling penting, informasi pribadi dan riwayat pencarian anda tak akan dilacak oleh search engine yang satu ini.  DuckDuckGo memang memiliki kelebihan di keamanan privasi, sehingga privasi anda tidak akan terekam. Tidak seperti google dan mesin pencari lainnya.

Duckduckgo didirikan oleh Gabriel Weinberg pada bulan april 2017 lalu. Walaupun} tergolong baru, tapi mesin pencari ini mengalami pertumbuhan yang sungguh cepat.

3. Bing

Bing merupakan salah satu search engine yang diciptakan Microsoft untuk memutus ketergantungan pengguna kepada Google. Dan Bing adalah kompetitor berat Google.

Dan Bing dapat disebut sebagai mesin pencari terbaik dan populer. Bing dulunya merupakan bagian dari MSN search sebelum dipisahkan keberadaannya pada 2009 lalu.

Bing menyediakan beragam layanan pencarian, termasuk produk pencarian situs/laman, video, gambar dan maps.

Tetapi, upaya Microsoft sepertinya belum sukses meyakinkan pengguna untuk beralih memakai mesin pencari mereka.

4. Baidu

Baidu didirikan pada tahun 2000 dan merupakan mesin pencari paling populer di China bahkan nomor satu di cina. Siapa sangka ternyata google tak berkutik di cina, sebab cina membatasi google disana sehingga produk lokal cina sendiri bisa berkembang, contohnya baidu ini.

5. Yahoo

Mesin pencari yang diciptakan pada tahun 1995 ini menjadi pesaing Google di awal 2000an. Selain menjadi mesin pencarian, Yahoo! juga mempunyai layanan lain, seperti Yahoo! Mail, News, Finance, Sports, dan Answers yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan berbagai macam informasi. Saat ini, Yahoo! sudah bekerja sama dengan Bing dan Microsoft untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan, hal ini bisa dilihat dari kesamaan fitur Yahoo! Search dengan Bing, yaitu background mesin pencari yang selalu berganti.

Yahoo! pernah populer di tahun 95-an, sebelum akhirnya redup akibat tersandera berbagai masalah dan kalah bersaing dengan Google.

Itu tadi 5 Search Engine Terbaik dan Terpopuler Di Dunia

Posting Komentar

0 Komentar